Hakikat manusia.

by - June 08, 2017

Ramadhan yang kali ini, jadi ramadhan terpanjang. Bukan. Bukan ramadhannya jadi berbulan2. Tapi, ramadhan ini bakal dijalanin di 3 kota berbeda. Nempuh Pulau Jawa dari tengah ke ujung timur ke bagian barat. Ramadhan ini, bakalan ngalamin 2 kali perpisahan. Pisah sama orang yang selama ini kemana2 selalu bareng, dan pisah sama keluarga.
Merantau… memang jadi pilihanku dari awal. Apapun risikonya, meskipun jalaninnya masih sambil nangis2, aku harus siap dan kuat.
Selama di perjalanan, aku memang sendirian. Tapi yang kali ini aku gak ngerasa bener2 sendirian. Dari yang di stasiun dibantuin bapak satpam dan masinis kereta (karna salah jalan). Diangkatin koper buat muter, sampe dicariin tempat paling deket (karna bapaknya tahu koperku berat. Yha:(). Gak cuma di stasiun. Sampe di kereta, aku ngurungin niat naikin koper ke atas tempat duduk. Berat banget ya Allah… Tiba2 ada mas2 petugas kereta yang kayaknya lagi mau balik ke rumahnya (gak lagi nugas), dateng samperin tiba2 bilang dinaikin aja ya. Saya aja yang angkat. Wow.
Hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Saling tolong menolong, membutuhkan sesama. Yang kali ini, bener2 ngerasa yang….alhamdulillah masih ada kok orang2 baik di sini.
Terus… tiba2 jadi flashback beberapa waktu lalu. Waktu pulang dari kuliah tamu di Gedung Graha ITS. Si ceroboh ini, ngebut di jalanan yang gak rata. Ada polisi tidur kecil2 yang sengaja dibuat biar orang gak ngebut. Malah diterjang aja. Jatohlah. Ciumin aspal. So nice. Mana mau kerja kelompok.
Beruntungnya, di belakang ada 2 orang temen yang emang mau ke tempat tujuan yang sama. Satunya ngabarin ke grup kalo kecelakaan. Kebetulan nih, salah satu temen kelompok komting di jurusan sebelah. Datenglah bawa 3 orang temen. Eh… pada bantuin tuh, udah dibantuin sama bapak2 sekitar buat pindahin motor. Ditambah 2 temen dan satu temen kelompok yang bawa 3 pasukan.
Aku selalu seneng, liat orang yang nolongin orang lain. Padahal nggak kenal. Tapi masih mau baik. Ini jadi self reminder sih. Buat nolong orang, gak pandang siapapun.

You May Also Like

0 Comments