Perangkat Lunak (software) merupakan aplikasi yang terdiri dari sekumpulan kode/instruksi, yang berisi data dan dokumentasi(petunjuk manual) untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Proyek adalah suatu kegiatan yang mempunyai batasan waktu(bersifat sementara), biaya, dan resource untuk mencapai sebuah tujuan.
Manajemen adalah kegiatan mengatur, mengelola berupa perencanaan, pelaksanaan dan controlling.
Jadi Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL) adalah aktivitas untuk perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap controlling terhadap pembuatan suatu perangkat lunak dengan menggunakan resource yang ada dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan guna menyelesaikan suatu permasalahan.
Dalam MPPL, terdapat stakeholder yang mempunyai peran masing-masing dalam manajemen proyek perangkat lunak, yaitu:
- Proyek
- Client
- Proyek Manajer
- Engineer (Programmer)
- Designer
- End User
- Analis
- Invertor/Sponsor
- Proyek : pembuatan suatu aplikasi online untuk pendaftaran asisten dosen
- Client : Jurusan Teknik Informatika ITS
- Proyek Manajer : melakukan controll pada waktu pembuatan perangkat lunak, pembagian tugas setiap programmer, dan biaya dalam pembuatan perangkat lunak.
- Designer : membuat rancangan arstitektur software.
- End User : semua mahasiswa dan dosen yang melakukan pendaftaran dan penerimaan asisten.
- Analis : menentukan batasan kapasitas perangkat lunak dapat diakses dalam waktu bersamaan, jangka waktu pembaruan perangkat lunak.
Dengan adanya perencanaan pada suatu proyek perangkat lunak, dapat menghindari keterlambatan waktu penyelesaian proyek, kelebihan resource termasuk kelebihan biaya pembuatan perangkat lunak, adanya fitur-fitur atau fungsi pada perangkat lunak yang tidak sesuai dengan dokumen-dokumen yang disepakati sebelumnya.
0 Comments