Tuesday, February 14, 2017

MPPL - Pengertian

Perangkat Lunak (software) merupakan aplikasi yang terdiri dari sekumpulan kode/instruksi, yang berisi data dan dokumentasi(petunjuk manual) untuk menyelesaikan suatu permasalahan. 
Proyek adalah suatu kegiatan yang mempunyai batasan waktu(bersifat sementara), biaya, dan resource untuk mencapai sebuah tujuan.
Manajemen adalah kegiatan mengatur, mengelola berupa perencanaan, pelaksanaan dan controlling.

Jadi Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL) adalah aktivitas untuk perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap controlling terhadap pembuatan suatu perangkat lunak dengan menggunakan resource yang ada dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan guna menyelesaikan suatu permasalahan.

Dalam MPPL, terdapat stakeholder yang mempunyai peran masing-masing dalam manajemen proyek perangkat lunak, yaitu:
  • Proyek
Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, dengan batasan waktu tertentu(bersifat sementara) yang memerlukan biaya dan resouce.
  • Client
Pemilik dari proyek yang menentukan kebutuhan-kebutuhan dari perangkat lunak yang akan dibuat.
  • Proyek Manajer
Melakukan controll pada pembuatan perangkat lunak agar tidak melebihi dari waktu yang telah ditentukan. Serta controll pembagian tugas dari setiap programmer. Menentukan biaya pembuatan perangkat lunak.
  • Engineer (Programmer)
Orang yang membuat aplikasi perangkat lunak, dapat bekerja sebagai tester untuk memastikan perangkat lunak yang telah dibuat berjalan sesuai.
  • Designer
Membuat visualisasi kebutuhan dari client kepada programmer, serta menentuka arsitektur software yang akan dibuat.
  • End User
Semua orang yang berhubungan dan akan menggunakan perangkat lunak yang telah dibuat.
  • Analis
Menentukan kebutuhan-kebutuhan dari perangkat lunak yang akan dibuat. Menentukan batasan perangkat lunak dapat digunakan dengan kapasitas tertentu, dan pembaruan perangkat lunak jika telah digunakan dalam jangka waktu tertentu.
  • Invertor/Sponsor
Pihak yang mendanai pembuatan perangkat lunak.

CONTOH PROYEK :

simpenados.if.its.ac.id merupakan proyek pendaftaran asisten di jurusan Teknik Informatika ITS.


Pada aplikasi perangkat lunak ini, mahasiswa dapat mendaftarkan diri sebagai asisten pada jurusan Teknik Informatika dengan mengisi data diri. Selain itu, terdapat fitur pemesanan sertifikat bagi mahasiswa yang telah menjadi asisten. 

Stakeholder pada proyek simpenasdos :
  • Proyek : pembuatan suatu aplikasi online untuk pendaftaran asisten dosen
  • Client : Jurusan Teknik Informatika ITS
  • Proyek Manajer : melakukan controll pada waktu pembuatan perangkat lunak, pembagian tugas setiap programmer, dan biaya dalam pembuatan perangkat lunak.
  • Designer : membuat rancangan arstitektur software.
  • End User : semua mahasiswa dan dosen yang melakukan pendaftaran dan penerimaan asisten.
  • Analis : menentukan batasan kapasitas perangkat lunak dapat diakses dalam waktu bersamaan, jangka waktu pembaruan perangkat lunak.
Dalam pembuatan aplikasi simpenasdos ini tidak memerlukan 5jt rupiah.


Dengan adanya perencanaan pada suatu proyek perangkat lunak, dapat menghindari keterlambatan waktu penyelesaian proyek, kelebihan resource termasuk kelebihan biaya pembuatan perangkat lunak, adanya fitur-fitur atau fungsi pada perangkat lunak yang tidak sesuai dengan dokumen-dokumen yang disepakati sebelumnya.